Ujian SKU Dalam Gerakan Pramuka Aug 26, '07 7:31 AM
untuk semuanya
Oleh Drs. Usman Atmadimaja mg
”Kita tetap taat pada prinsip dasar pendidikan moral kepramukaan, tetapi kita harus memperbarui acara kegiatan kepramukaan yang sesuai dengan aspirasi generasi muda dan kebutuhan masyarakat saat ini”, (Sri Sultan Hamengku Buwono IX)
SEIRING kemajuan zaman, pergeseran nilai dalam kehidupan berlangsung tanpa bisa dicegah. Adalah naif bila gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan nonformal bagi anak-anak dan remaja di tanah air tidak menyikapi perubahan ini. Yang harus dilakukan oleh gerakan pramuka tentunya bukan mencegah perubahan, tetapi berusaha menyesuaikan perubahan itu sehingga pramuka tidak ketinggalan zaman.
Salah satu wacana yang sekarang berkembang di kalangan pramuka adalah perlunya mengkaji ulang penerapan syarat-syarat kecakapan pramuka (SKU) sebagai salah satu prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan. Adalah Gubernur Jawa Barat sendiri, Kak Danny Setiawan selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jabar yang menyatakan bahwa sekarang ini sudah saatnya untuk merelevankan SKU agar sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini (”PR” 10/7). Beliau mengusulkan agar Gerakan Pramuka melaksanakan reformasi secara komprehensif pada ujian SKU sehingga bisa mengundang minat para remaja untuk tertarik menjadi anggota pramuka.
Namun persoalannya, apakah memang SKU ini sudah ketinggalan zaman? Apakah benar SKU yang kurang relevan menyebabkan pramuka terpuruk seperti sekarang ini?
Jawaban pasti atas pertanyaan-pertanyaan itu seharusnya diupayakan Litbang Kwartir Nasional. Yang jelas, sesuai S.K. Kwarnas No. 088 Tahun 1974, SKU merupakan garis-garis besar program pembinaan pramuka yang harus dilaksanakan oleh para pembina secara optimal, terarah, dan benar-benar dapat dipertanggungjawabkan karena merupakan proses pendidikan untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka.
Sedangkan bagi peserta didik, mengikuti ujian SKU adalah suatu hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Ujian SKU untuk semua tingkat dan golongan pramuka baik itu Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pandega merupakan tantangan tersendiri yang harus dihadapi mereka dengan upaya sungguh-sungguh sehingga kelak mereka menjadi manusia yang berkepribadian tinggi, berwatak luhur, cerdas, terampil, dan juga menjadi warga negara yang berpancasila yang setia dan patuh kepada NKRI (AD Pramuka Pasal 4). Maka oleh karena itu, seandainya butir-butir ujian SKU ini dilaksanakan dengan tepat, terarah, dan jujur, serta tidak dimanipulasi, diharapkan peserta didik akan menjadi pribadi-pribadi yang cageur, bener, bageur, pinter, jeung singer.
Sayangnya, secara jujur harus diakui bahwa selama ini pelaksanaan ujian SKU digugus depan pramuka untuk semua tingkat dan golongan ditengarai masih jauh dari harapan. Banyak hambatan dan kendala yang ditemui di lapangan sehingga akibatnya ujian SKU belum dilaksanakan secara optimal.
Berdasarkan pengamatan penulis yang pernah aktif di Andalan Cabang/Ranting selama ini diperoleh kesan masih banyak pembina pramuka yang belum mengacu sepenuhnya kepada ”kurikulum” pembinaan pramuka yang disebut SKU ini. Cara menguji SKU di kalangan pembina juga tampak kurang seragam.
Alih-alih direvisi, perekrutan pembina pramuka di pangkalan gugus depan sekolah juga masih harus dibenahi. Akibat ”asal-asalan” mengangkat pembina, sudah dapat dipastikan apa-apa yang disampaikan kepada peserta didik akan menjadi kurang menarik dan cenderung membosankan. Padahal seyogianya materi yang disampaikan oleh pembina harus dikemas secara kreatif dan inovatif sehingga menjadi kegiatan yang menarik, mendidik, menyenangkan, dan berkesan sepanjang hidupnya.
Sehebat apa pun SKU, bila tidak dibarengi dengan kemauan keras dan kesadaran tinggi para peserta didiknya untuk menempuh SKU dengan sungguh-sungguh, Gerakan Pramuka akan tetap terpuruk seperti sekarang ini. Oleh karena itu, tekad untuk menjadikan Provinsi Jawa Barat sebagai provinsi pramuka seyogianya ditindaklanjuti. Bukan hanya dengan meningkatkan terus jumlah anggotanya, melainkan juga harus diperhatikan usaha untuk meningkatkan kualitas peserta didiknya.***
Penulis, Pembina Pramuka di MA. Darussalam Sumedang
(Harian Pikiran Rakyat)
SKU TERBARU
SKU SIAGA | ||
PANCASILA | ||
1 | Ketuhanan Yang Maha Esa | |
2 | Kemanusiaan yang adil dan beradab | |
3 | Persatuan Indonesia | |
4 | Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan | |
5 | Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia | |
DWISATYA | ||
Demi kehormatanku akan berjanji akan bersunggung-sungguh: | ||
- | Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Keatuan Republik Indonesia dan menurut aturan keluarga | |
- | Setiap hari berbuat kebaikan | |
DWIDARMA | ||
1 | Siaga itu patuh pada ayah dan ibundanya | |
2 | Siaga itu berani dan tidak putus asa | |
SIAGA MULA | ||
No | Kecakapan | Tanggal |
Paraf | ||
1 | Islam | |
- Dapat menyebutkan Rukun Iman dan Rukun Islam | ||
- Dapat mengucapkan Syahadat dan menyebutkan artinya | ||
- Dapat menghafal Surat Al-Fatihah dan menyebutkan artinya | ||
- Dapat menghafal Surat Al-Ikhlas dan menyebutkan artinya | ||
- Telah mengetahui tatacara berwudhu beserta doanya | ||
- Dapat melaksanakan gerakan sholat | ||
- Dapat menghafal sedikitnya 3 do'a harian. | ||
Katholik | ||
- Dapat membuat tanda salib | ||
- Dapat mengucapkan do'a harian dan menyanyikan tiga buah lagu gereja | ||
- Dapat menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah, dan memberikan contoh-contohnya | ||
- Dapat mengasihi keluarganya | ||
- Dapat mengasihi teman, guru dan sesamanya baik di gudep, disekolah dan di sekitarnya. | ||
Protestan | ||
- Dapat menghafal Johanes 3:16 dan berdoa sederhana | ||
- Dapat mewujudkan ucapan syukur atas keberadaan dirinya didunia ini sebagai ciptaan Allah,sedikitnya tiga hal | ||
- Dapat mengasihi keluarganya | ||
- Dapat mengasihi teman, guru dan sesamanya baik di gudep, disekolah dan di sekitarnya | ||
- Telah Mengikuti sekolah minggu 4 kali berturut-turut. | ||
Hindu | ||
- Dapat menunjukkan sikap Anjali serta dapat mengucapkan salam Panganjali | ||
- Dapat memperagakan sikap /tatacara sembahyang | ||
- Dapat menyebutkan nama-nama bunga yang bisa dipakai sembahyang | ||
- Dapat menyebutkan nama tempat suci untuk melaksanakan sembahyang | ||
- Dapat menyebutkan jam atau waktu untuk melaksanakan persembahyangan /Puja Tri Sandhya. | ||
Buddha | ||
- Dapat mengucapkan salam Buddhis | ||
- Dapat bersikap Anjali. 3.Dapat melakukan Namaskara | ||
2 | Dapat menghafal Dwisatya dan Dwidarma | |
3 | Dapat menyebutkan jenis-jenis Salam Pramuka. | |
4 | Telah memiliki buku tabungan, sekurang - kurangnya dalam waktu 6 minggu terakhir. | |
5 | Setia membayar uang iuran kepada gugusdepannya, sedapat-dapatnya dengan uang yang diperoleh dari usahanya sendiri. | |
6 | Dapat menyebutkan lambang Gerakan Pramuka | |
7 | Dapat menyebutkan salah satu seni budaya di daerah tempat tinggalnya | |
8 | Selalu bersikap hemat dan cermat dengan segala miliknya | |
9 | Dapat menyebutkan identitas diri | |
10 | Dapat membedakan perbuatan baik dan perbuatan buruk | |
11 | Rajin dan giat mengikuti latihan Perindukan Siaga, sekurang-kurangnya 6 kali latihan berturut-turut | |
12 | Dapat dengan hafal menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya bait pertama di depan perindukannya. | |
13 | Dapat menyebutkan arti kiasan warna Sang Merah Putih | |
14 | Dapat menyebutkan sedikitnya 3 hari besar nasional dan 3 hari besar keagamaan | |
15 | Dapat menyebutkan sedikitnya 5 peraturan keluarga | |
16 | Dapat menyebutkan sedikitnya 3 peraturan di lingkungannya | |
17 | Dapat menyebutkan 2 macam adat/budaya di lingkungannya | |
18 | Dapat menyampaikan ucapan dengan baik dan sopan serta hormat kepada orangtua, sesama teman dan orang lain | |
19 | Dapat menyebutkan nama dan alamat Ketua RT, Ketua RW, Lurah dan tokoh masyarakat di sekitar tempat tinggalnya | |
20 | Dapat menyebutkan sila-sila Pancasila | |
21 | Dapat mengumpulkan keterangan untuk memperoleh pertolongan pertama pada kecelakaan dan dapat menginformasikan kepada orang dewasa disekitarnya. | |
22 | Dapat membaca jam digital dan analog | |
23 | Dapat menunjukan 4 arah mata angin | |
24 | Dapat berbahasa Indonesia dalam mengikuti pertemuan-pertemuan Siaga | |
25 | Dapat menyebutkan sedikitnya 2 macam alat komunikasi tradisional dan modern | |
26 | Dapat menyebutkan anggota tubuh | |
27 | Dapat menyebutkan gerakan dasar olah raga | |
28 | Dapat melipat selimut dan merapikan tempat tidurnya | |
29 | Selalu berpakaian rapih dan memelihara kebersihan pribadi | |
30 | Dapat menjalankan latihan-latihan keseimbangan, dapat melempar dan menerima bola dengan tangan kanan dan kiri sedikitnya 5 kali tangkapan. | |
31 | Dapat menyebutkan makanan dan minuman yang bergizi (4 sehat 5 sempurna). | |
32 | Dapat memelihara sedikitnya satu macam tanaman berguna, atau satu jenis binatang ternak, selama kira-kira 1 bulan | |
33 | Dapat melipat kertas yang dibentuk menyerupai pesawat, kapal, flora dan fauna | |
34 | Dapat membuat simpul mati,simpul hidup, simpul anyam,simpul pangkal dan simpul jangkar. | |
SIAGA BANTU | ||
Tanggal | ||
Paraf | ||
1 | Islam | |
- Dapat melaksanakan Tayamum | ||
- Dapat melaksanakan sholat wajib | ||
- Dapat melaksanakan shalat berjamaah | ||
- Dapat menyebutkan Rasul-rasul Allah | ||
- Dapat melafalkan Adzan dan Iqamah (untuk putra) | ||
- Dapat menghafal sedikitnya 6 do'a harian. | ||
Katholik | ||
- Dapat mengucap doa harian dan menyanyikan tiga buah lagu gereja | ||
- Dapat menyebutkan hikayat dari Alkitab | ||
- Dapat memberikan yang terbaik kepada keluarga | ||
- .Dapat memelihara salah satu ciptaan Allah. | ||
Protestan | ||
- Dapat menyanyikan tiga nyanyian Kristen | ||
- .Hafal do'a Bapa kamil | ||
- Dapat menyebutkan hikayat dari Al Kitab sedikitnya hikayat. 4. | ||
- Dapat memberikan yang terbaik kepada keluarga | ||
- Dapat memelihara salah satu ciptaan Allah | ||
- Telah Mengikuti Sekolah Minggu 8 Kali berturut-turut. | ||
Hindu | ||
- Dapat menyebutkan nama tempat-tempat suci untuk melaksanakan persembahyangan | ||
- Dapat mempraktikkan tata cara sembahyang dengan doa Gayatri Mantram | ||
- Dapat menyebutkan nama-nama pura yang ada disekitarnya | ||
- Dapat menyebutkan nama kitab suci agama Hindu | ||
- Dapat menyebutkan bagian Tri Kaya Parisudha | ||
- Dapat menyebutkan contoh-contoh perbuatan yang baik | ||
- Dapat membedakan perbuatan yang baik dan perbuatan yang buruk. | ||
Buddha | ||
- Dapat mengucapkan kata Buddha, Dharma, Sangha (Tri Ratna) | ||
- Dapat melakukan sifat karuna (kasih sayang) kepada semua makhluk | ||
- Dapat melakukan sikap berdoa | ||
2 | Dapat melaksanakan Dwisatya dan Dwidarma | |
3 | Dapat melakukan Salam Pramuka dengan benar | |
4 | Telah memiliki buku tabungan dan sudah menabung uang secara teratur dalam buku tabungannya selama sekurang-kurangnya 8 minggu sejak menjadi Siaga Mula, seluruh atau sebagian dari uang itu diperoleh dari usahanya sendiri. | |
5 | Setia membayar uang iuran kepada gugusdepan dengan uang yang sebagian diperoleh dari usahanya sendiri. | |
6 | Dapat menyebutkan nama pencipta lambang Gerakan Pramuka | |
7 | Dapat menyebutkan sedikitnya 5 macam seni budaya yang ada di Indonesia | |
8 | Untuk putri: Dapat memasang buah baju dan menyalakan kompor dengan benar dan aman | |
Untuk putra : Dapat membuat hasta karya dengan dua macam bahan yang berbeda | ||
9 | Dapat menyampaikan pendapatnya | |
10 | Dapat memperhatikan dan melaksanakan nasihat Orangtua, Yanda dan Bunda serta gurunya | |
11 | Rajin dan giat mengikuti latihan perindukan sebagai Siaga Mula sekurang-kurangnya 8 kali latihan | |
12 | Dapat menceritakan sejarah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya | |
13 | Dapat menceritakan sejarah bendera kebangsaan Indonesia dan tahu sikap yang harus dilakukan pada waktu bendera kebangsaan dikibarkan atau diturunkan serta dapat memelihara bendera kebangsaan | |
14 | Dapat menyebutkan sedikitnya 6 hari besar nasional dan 5 orang nama pahlawan nasional | |
15 | Dapat melakukan peraturan keluarga, barung, perindukan dan sekolah | |
16 | Dapat melaksanakan peraturan di lingkungannya | |
17 | Dapat melaksanakan adat/budaya di lingkungannya | |
18 | Dapat menjadi contoh yang baik bagi temannya | |
19 | Dapat menyebutkan nama provinsi, ibukota provinsi dan kepala daerahnya, nama negara, ibukota negara, kepala negara dan wakilnya. | |
20 | Dapat menyebutkan sila-sila Pancasila sesuai dengan lambangnya | |
21 | Dapat mengumpulkan keterangan untuk memperoleh pertolongan pertama pada kecelakaan dan dapat menginformasikan kepada petugas Puskesmas/rumah sakit/polisi. | |
22 | Dapat meneyebutkan perbedaan jam digital dan analog serta dapat memperkirakan waktu tanpa bantuan alat | |
23 | Dapat menunjukan 8 arah mata angin | |
24 | Dapat menyampaikan berita secara lisan dengan menggunakan Bahasa Indonesia | |
25 | Dapat menggunakan atau mengoperasikan alat komunikasi tradisional dan modern. | |
26 | Dapat menyebutkan fungsi anggota tubuh | |
27 | Dapat melakukan gerakan dasar olah raga | |
28 | Dapat mencuci, menjemur, melipat dan menyimpan pakaiannya dengan rapi. | |
29 | Dapat memelihara kebersihan salah satu ruangan di rumah, sekolah dan tempat ibadah atau tempat lainnya | |
30 | Dapat melakukan Senam Pramuka | |
31 | Dapat menunjukan bahan-bahan makanan yang bernilai gizi | |
32 | Dapat memelihara sedikitnya satu macam tanaman berguna, atau satu jenis binatang ternak, selama kira-kira 2 bulan | |
33 | Dapat membuat satu macam hasta karya dari barang bekas | |
34 | Dapat menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul pangkal dan simpul jangkar. | |
SIAGA TATA | ||
Tanggal | ||
Paraf | ||
1 | Islam | |
- Dapat membaca Al Quran dan mengetahui tanda bacanya | ||
- Dapat menyebutkan Asmaul Husna dan artinya | ||
- Dapat mengetahui dan menceritakan salah satu kisah Rasul | ||
- Dapat menyebutkan 10 nama Malaikat dan tugasnya. | ||
Katholik | ||
- Tahu doa Iman, doa harapan, doa cinta kasih dan doa tobat | ||
- Telah mengikuti Misa Kudus dan tahu arti Konsekrasi | ||
- Dapat mengenal nama Pastor Paroki dan nama Uskup setempat | ||
- Dapat menunjukan kemahakuasaan Allah | ||
- Dapat menunjukan tindakan manusia yang bergantung kepada Allah. | ||
Protestan | ||
- Dapat menghafal Lukas 10:27 (hukum kasih) | ||
- Dapat mengucap dan mempergunakan doa sederhana pada kesempatan tertentu | ||
- Dapat menunjukan kemahakuasaan Allah, sedikitnya 5 macam | ||
- Dapat menunjukan tindakan manusia yang bergantung kepada Allah, sedikitnya 5 macam | ||
- Rajin mengikuti sekolah Minggu di gerejanya. | ||
Hindu | ||
- Dapat menghapal bait bait Puja Tri Sandya | ||
- Dapat menyebutkan hari-hari suci agama Hindu | ||
- Dapat memahami perbedaan makna dari perayaan hari-hari besar/suci agama Hindu | ||
- Dapat menyebutkan nama pura-pura besar di Indonesia | ||
- Dapat menyebutkan bagian dari Panca Sradha | ||
- Dapat menyebutkan bagian dari Panca Yadnya | ||
- Dapat melakukan salah satu gerakan dalam Yoga Asanas | ||
Buddha | ||
- Dapat melafalkan Paritta Namaskara | ||
- Dapat mengucapkan Paritta Vandana | ||
- Dapat mengucapkan Paritta Pancasila Buddhis (Bahasa Indonesia) | ||
2 | Dapat mengajak temannya untuk mengamalkan Dwisatya dan Dwidarma | |
3 | Dapat menjelaskan tentang Salam Pramuka kepada teman sebarungnya | |
4 | Telah memiliki buku tabungan dan sudah menabung uang secara teratur dalam buku tabungannya selama sekurang-kurangnya 12 minggu sejak menjadi Siaga Bantu, seluruh atau sebagian dari uang itu diperoleh dari usahanya sendiri. | |
5 | Setia membayar uang iuran kepada gugusdepan dengan uang yang diperoleh dari usahanya sendiri. | |
6 | Dapat menyebutkan arti lambang Gerakan Pramuka | |
7 | Dapat memperagakan satu macam kegiatan seni budaya asal daerahnya. | |
8 | Sudah memiliki sedikitnya 5 tanda kecakapan khusus | |
9 | Dapat mengkritisi sesuatu masalah dan dapat bertanggungjawab | |
10 | Dapat menolong orang yang sedang menderita di sekitarnya. | |
11 | Rajin dan giat mengikuti latihan perindukan sebagai Siaga Bantu sekurang-kurangnya 12 kali latihan sebagai Siaga Bantu | |
12 | Dapat memperlihatkan sikap yang harus dilakukan jika lagu kebangsaan diperdengarkan atau dinyanyikan pada suatu upacara | |
13 | Dapat memperlihatkan cara mengibarkan dan menyimpan bendera merah putih pada upacara pembukaan dan penutupan latihan. | |
14 | Dapat menyebutkan sedikitnya 7 hari besar nasional, 4 hari besar dunia dan 10 nama pahlawan nasional | |
15 | Dapat menyebutkan akibat melanggar peraturan di keluarga, barung, perindukan dan sekolah | |
16 | Dapat menyebutkan akibat melanggar peraturan di lingkungannya | |
17 | Dapat menyebutkan akibat melanggar adat/budaya di lingkungannya | |
18 | Dapat mengajak temannya berkata dan melakukan perbuatan yang benar | |
19 | Dapat menyebutkan negara-negara ASEAN dan menunjukkan bendera kebangsaannya | |
20 | Dapat menyebutkan perbuatan yang baik sesuai dengan sila-sila Pancasila | |
21 | Dapat mengumpulkan keterangan untuk memperoleh pertolongan pertama pada kecelakaan dan dapat menginformasikan kepada dokter, rumah sakit, polisi dan keluarga korban. | |
22 | Dapat menceritakan dasar terjadinya perbedaan waktu yang ada di Wilayah Indonesia | |
23 | Dapat menunjuk 8 macam arah mata angin dengan menggunakan kompas | |
24 | Dapat menulis surat kepada teman atau saudaranya dengan menggunakan Bahasa Indonesia | |
25 | Dapat merawat alat-alat teknologi dan komunikasi tradisional serta modern yang ada di rumahnya | |
26 | Dapat memelihara anggota tubuh | |
27 | Dapat melakukan olah raga secara tim | |
28 | Dapat mencuci peralatan dapur | |
29 | Dapat memelihara kebersihan halaman di rumah, sekolah, tempat ibadah atau di tempat lainnya. | |
30 | Dapat melakukan salah satu cabang olah raga atletik atau salah satu gaya cabang olahraga renang | |
31 | Dapat menyebutkan 5 macam penyakit menular | |
32 | Dapat memelihara sedikitnya dua macam tanaman berguna, atau satu jenis binatang ternak, selama kira-kira 4 bulan | |
33 | Dapat membuat 2 macam hasta karya dengan bahan yang berbeda | |
34 | Dapat membuat sedikitnya 2 macam ikatan | |
SKU PENGGALANG | ||
PANCASILA | ||
1 | Ketuhanan Yang Maha Esa | |
2 | Kemanusiaan yang adil dan beradab | |
3 | Persatuan Indonesia | |
4 | Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan | |
5 | Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia | |
TRISATYA | ||
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh: | ||
- | Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila | |
- | Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat | |
- | Menepati Dasadarma | |
DASA DARMA PRAMUKA | ||
1 | Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa | |
2 | Cinta alam dan kasih saying sesame manusia | |
3 | Patriot yang sopan dan kesatria | |
4 | Patuh dan suka bermusyawarah | |
5 | Rela menolong dan tabah | |
6 | Rajin trampil dan gembira. | |
7 | Hemat cermat dan bersahaja | |
8 | Disiplin, berani dan setia | |
9 | Bertanggungjawab dan dapat dipercaya | |
10 | Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan | |
PENGGALANG RAMU | ||
Tanggal | ||
Paraf | ||
1 | Selalu taat menjalankan ibadah agamanya secara pribadi ataupun berjamaah | |
2 | Dapat mengetahui dan menjelaskan hari - hari besar agamanya | |
3 | Dapat menyebutkan agama-agama yang ada di Indonesia serta nama tempat ibadahnya. | |
4 | Islam | |
- Dapat melakukan mandi wajib dan mengerti penyebabnya | ||
- Dapat melakukan sholat berjamaah | ||
- Dapat menghafal 5 macam doa harian dan 5 macam surat - surat pendek. | ||
Katholik | ||
- Dapat berdoa Rosario, dan tahu artinya | ||
- Telah mengikuti Misa Kudus dan menjadi putera altar dan dapat menghias altar | ||
- Dapat menyanyikan tiga macam lagu Gerejani | ||
Protestan | ||
- Dapat menyanyikan beberapa nyanyian Gereja | ||
- Dapat menceritakan dua macam hikayat dari Alkitab | ||
- Dapat melakukan doa sederhana pada kesempatan tertentu | ||
- Dapat menyebutkan hari-hari Raya Kristiani. | ||
Hindu | ||
- Dapat melafalkan dan mengerti arti dari bait masing-masing mantram puja Tri Sandhya dan melaksanakannya/praktik dalam kehidupan sehari-hari | ||
- Dapat menyebutkan nama-nama para Maha Rsi penerima Wahyu | ||
- Dapat menyebutkan nama-nama pura dalam cakupan Sad Kahyangan | ||
- Dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam epos cerita Mahabharata dan Ramayana | ||
- Dapat menguraikan arti dan makna kata Tatwamsi | ||
- Dapat menguraikan dan menjelaskan fase kehidupan dalam ajaran Catur Asrama | ||
- Dapat mempraktikkan satu gerakan Yoga Asanas. | ||
Buddha | ||
- Dapat menjelaskan arti/makna simbol yang terdapat di Altar Buddha | ||
- Dapat menyanyikan lagu Pancasila Buddhis | ||
- Dapat melakukan dana paramita | ||
5 | Dapat menjelaskan tentang Emosi | |
6 | Dapat menyampaikan pendapat dengan baik dalam suatu pertemuan Pasukan Penggalang. | |
7 | Dapat mengetahui dan menjelaskan manfaat dari penghijauan | |
8 | Dapat mengetahui dan memahami tentang hak perlindungan anak. | |
9 | Ikut serta dalam kegiatan Perkemahan Penggalang sedikitnya 2 hari, sesuai dengan standar perkemahan | |
10 | Dapat menyebutkan tanda- tanda pengenal Gerakan Pramuka sesuai dengan golongan dan tingkatannya | |
11 | Mengetahui nama Ketua RT hingga Lurah atau setingkatnya di tempat tinggalnya. | |
12 | Dapat mengetahui dan menyebutkan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang | |
13 | Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 8 kali latihan berturut-turut | |
14 | Tahu tentang Salam Pramuka, Motto dan tahu arti Lambang Gerakan Pramuka. | |
15 | Dapat menjelaskan sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan bendera merah putih | |
16 | Dapat menjelaskan sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan bendera merah putih | |
17 | Dapat menjelaskan tentang lambang Negara RI | |
18 | Dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar | |
19 | Telah menabung secara rutin dan setia membayar uang iuran untuk regunya yang diperoleh dari usahanya sendiri | |
20 | Dapat menyebutkan dan menjelaskan manfaat sedikitnya 2 jenis alat teknologi informasi modern | |
21 | Mengenal dan memilah sampah | |
22 | Dapat menjelaskan teknik penjernihan air | |
23 | Dapat membuat dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul tiang, simpul pangkal dan dapat menyusuk tali, membuat ikatan serta menyambung dua tongkat | |
24 | Dapat menjelaskan kompas, menaksir tinggi dan lebar | |
25 | Mengenal macam-macam sandi, isyarat morse dan semaphore | |
26 | Selalu berpakaian rapi dan memelihara kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungannya | |
27 | Dapat baris-berbaris | |
28 | Dapat menjelaskan Sedikitnya 3 cabang olahraga dan dapat melakukan 2 jenis cabang olah raga, salah satunya: olah raga Renang | |
29 | Mengetahui adanya perbedaan perkembangan fisik tubuh | |
30 | Selalu melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit | |
PENGGALANG RAKIT | ||
Tanggal | ||
Paraf | ||
1 | Selalu taat menjalankan ibadah sesuai agamanya dan mengingatkan orang lain untuk beribadah | |
2 | Telah mengikuti acara-acara keagamaan sesuai dengan agamanya. | |
3 | Dapat menjelaskan salah satu contoh bentuk toleransi antar umat beragama... | |
4 | Islam | |
- Dapat menghafal dan menyebutkan 8 macam doa harian dan 8 macam surat-surat pendek | ||
- Dapat menceriterakan sejarah Nabi Muhammad SAW | ||
- Selalu melaksanakan Shalat Jumat. | ||
Katholik | ||
- Mengetahui siapa Kristus | ||
- Dapat berdoa dengan kata-katanya sendiri | ||
- Dapat menyanyikan lagu-lagu Gerejani | ||
Protestan | ||
- Mengetahui makna doa | ||
- Dapat menguraikan beberapa nyanyian Gerejani yang dikenal | ||
- Mengetahui pembagian Alkitab | ||
- Dapat menguraikan secara singkat isi dari dua buku di dalam Perjanjian Baru. | ||
Hindu | ||
- Dapat melafalkan dan memahami arti bait-bait Puja Tri Sandya serta menjalankannya dalam kehidupan sehari-harii | ||
- Dapat berperan aktif dalam setiap upacara/pelaksanaan Panca Yadnya di masyarakat | ||
- Dapat menyebutkan dan memahami ajaran Catur Paramita | ||
- Dapat memahami dan mempraktikan ajaran Tatwamsi seperti menerapkan sikap kasih sayang dalam kehidupan nyata, menolong mahluk yang lemah, membantu yang terkena musibah, melestarikan suaka marga satwa dan menjaga lingkungan | ||
- Mempraktikan sikap hidup suka beramal/ berdana punia | ||
- Dapat melafalkan dan mengkidungkan salah satu bentuk Dharma Gita | ||
- Dapat mempraktikkan minimal tiga gerakan Yoga Asanas | ||
- Dapat menarikan salah satu bentuk tarian sakral keagamaan Hindu (misalnya: Tari Baris, Tari Rejang, Tari Wayang Orang dan lain-lain. | ||
Buddha | ||
- Dapat melakukan kebaktian baik perorangan maupun bersama-sama | ||
- Dapat menyebutkan hari-hari raya Agama Buddh | ||
- Dapat melakukan sikap meditasi | ||
- Dapat menyanyikan lagu Aku Berlindung | ||
- Dapat melakukan dana paramita | ||
5 | Dapat mengendalikan emosi diri sendiri | |
6 | Menghargai pendapat orang lain dalam pertemuan Pasukan Penggalang. | |
7 | Melakukan kegiatan penghijauan di lingkungannya atau didaerah lainnya | |
8 | Dapat menjelaskan tentang hak perlindungan anak. | |
9 | Ikut serta dalam kegiatan Lomba Tingkat dan lomba-lomba Pramuka Penggalang, di gugusdepan dan kwartir. | |
10 | Dapat menggunakan tanda pengenal Gerakan Pramuka dengan benar. | |
11 | Dapat membuat struktur pemerintahan dari tingkat kelurahan/setingkatnya hingga RT di tempat tinggalnya. | |
12 | Telah mengamalkan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang | |
13 | Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 10 kali latihan berturut-turut | |
14 | Dapat melakukan Salam Pramuka secara tepat dan benar. | |
15 | Dapat mengibarkan dan menurunkan bendera Sang Merah Putih pada upacara pembukaan dan penutupan latihan | |
16 | Dapat menyanyikan lagu Indonesia Raya bait ke-1 dan bait ke-2 serta dapat memimpin lagu Indonesia Raya didepan pasukannya dengan benar dan dapat menyanyikan 3 lagu wajib serta 2 macam lagu daerah tempat tinggalnya serta 2 macam lagu daerah lainnya | |
17 | Dapat menjelaskan tentang lambang Negara RI, kepada teman di regunya | |
18 | Dapat berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pertemuan-pertemuan Penggalang | |
19 | Telah memiliki buku tabungan dan aktif menabung dan setia membayar uang iuran regunya dari hasil pendapatannya sendiri yang diperoleh dari usahanya sendiri | |
20 | Dapat mengoperasikan dan merawat salah satu teknologi informasi | |
21 | Dapat mengolah sampah | |
22 | Dapat melakukan proses penjernihan air | |
23 | Dapat membuat beberapa jenis pioneering, seperti: | |
- rak piring | ||
- meja makan | ||
- tiang jemuran | ||
- menara kaki tiga | ||
24 | Dapat menggunakan kompas dan membuat peta pita, manaksir kecepatan arus dan kedalaman | |
25 | Dapat membuat dan menerjemahkan sandi, menerima berita dengan menggunakan bahasa morse dan semaphore | |
26 | Selalu berpakaian rapi di setiap saat dan memelihara kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungannya | |
27 | Dapat memimpin regunya untuk baris berbaris | |
28 | Dapat melaksanakan olahraga beregu dan melakukan 3 jenis cabang olah raga serta tahu permainannya; salah satunya olah raga renang. | |
29 | Dapat menjelaskan adanya perbedaan perkembangan fisik tubuh | |
30 | Selalu melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 45 menit | |
PENGGALANG TERAP | ||
Tanggal | ||
Paraf | ||
1 | Selalu taat menjalankan ibadah sesuai agamanya dan mengajak orang lain untuk beribadah | |
2 | Berperan aktif dalam penyelenggaraan kegiatan keagamaan baik dalam Gerakan Pramuka maupun di masyarakat | |
3 | Dapat mengajak teman/orang lain untuk berperilaku toleran antar umat beragama | |
4 | Islam | |
- Dapat bertindak sebagai Imam dalam sholat berjamaah di perkemahan | ||
- Dapat menghafal 10 macam doa harian dan hafal 10 macam surat pendek | ||
- Dapat memimpin doa. | ||
- Selalu melaksanakan Shalat berjamaah di Masjid | ||
Katholik | ||
- Tahu arti Misa Kudus, dan bagian-bagiannya yang penting | ||
- Tahu alat-alat Misa dan warna-warna Liturgi | ||
- Tahu hierarki Gereja | ||
Protestan | ||
- Dapat memimpin beberapa nyanyian Gerejani dalam pertemuan-pertemuan Penggalang | ||
- Dapat memimpin doa dalam pertemuan-pertemuan Penggalang | ||
- Dapat menjelaskan Hukum Kasih (Lukas 10 : 27 dan Matius 22 : 37-40) | ||
- Dapat Menjelaskan tentang dua belas pengakuan Iman Rasuli. | ||
Hindu | ||
- Dapat melafalkan dan memahami arti bait-bait dalam matram Puja Tri Sandya serta dapat dan mampu memimpin pelaksanaan persembahyangan | ||
- Dapat menyebutkan bagian-bagian kepemimpinan Hindu dalam Asta Brata | ||
- Dapat memahami serta menerapkan Ajaran Tri Hita Karana dalam kehidupan sehari hari | ||
- Dapat menjelaskan pengertian dan konsep ajaran Rwa Bhineda | ||
- Dapat menguraikan dan memahami kaitan ajaran Catur asrama dan catur Purusa Artha | ||
- Dapat mempraktikkan minimal lima gerakan Yoga Asanas | ||
- Dapat menarikan lebih dari satu bentuk tarian sakral keagamaan Hind | ||
- Dapat melafalkan dan mengkidungkan salah satu bentuk Dharma Gita. | ||
Buddha | ||
- Dapat melakukan kebaktian baik perorangan maupun bersama-sama | ||
- Dapat melakukan meditasi | ||
- .Dapat menyanyikan lagu Malam Suci Waisak | ||
- Dapat menyebutkan tempat-tempat suci Agama Buddha | ||
- Dapat menceritakan silsilah keluarga Pangeran Sidharta Gotama | ||
5 | Dapat mengendalikan emosi teman sebayanya | |
6 | Dapat memimpin pertemuan Pasukan Penggalang. | |
7 | Telah mengajak teman sebaya /regunya untuk melakukan kegiatan penghijauan dan memelihara di lingkungannya atau di daerah lain | |
8 | Dapat mensosialisasikan kepada teman sebaya tentang hak perlindungan anak. | |
9 | Telah Ikut serta dalam kegiatan Jambore atau sejenisnya. | |
10 | Dapat menjelaskan tanda- tanda pengenal Gerakan pramuka. | |
11 | Dapat menjelaskan tugas dan fungsi seorang Kepala Desa/Lurah, Camat, Bupati/Walikota. | |
12 | Dapat mengajak anggota regu dan pasukannya untuk senantiasa mengamalkan kode kehormatan Pramuka Penggalang | |
13 | Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 12 kali latihan berturut-turut | |
14 | Dapat menjelaskan dan cara menggunakan Salam Pramuka. | |
15 | Dapat mengibarkan dan menurunkan bendera sang merah putih pada upacara hari-hari besar nasional atau sejenisnya | |
16 | Dapat memimpin lagu Indonesia Raya di depan orang lain pada suatu upacara, dapat menyanyikan 4 judul lagu wajib dan 3 judul lagu daerah tempat tingalnya serta 3 macam lagu daerah lainnya | |
17 | Dapat menjelaskan Lambang Negara RI di depan pasukan atau teman sebayanya | |
18 | Dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pertemuan resmi. | |
19 | Dapat menjelaskan manfaat menabung dan membayar uang iuran kepada anggota regunya/pasukan serta mengajak untuk melakukan gemar menabung | |
20 | Dapat mengajarkan penggunaan teknologi informasi sedikitnya 2 jenis kepada teman sebaya. | |
21 | Ikut mensosialisasikan cara pengolahan sampah. | |
22 | Dapat mensosialisaikan cara penjernihan air | |
23 | Dapat membuat pioneering:: | |
- Jembatan sederhana | ||
- Menara pandang sederhana | ||
24 | Dapat membuat peta perjalanan, peta lapangan, menjelaskan rumus menaksir: tinggi, lebar, kecepatan dan kedalaman | |
25 | Dapat menerima dan mengirim berita dengan menggunakan bendera morse dan semaphore serta dapat membuat sandi hasil kreasi pribadi lengkap dengan kuncinya | |
26 | Selalu berpakaian rapi di setiap saat dan menjadi contoh bagi teman-temannya untuk memelihara kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungannya | |
27 | Dapat memimpin dan melatih baris berbaris di pasukannya | |
28 | Dapat melaksanakan olahraga beregu dan melakukan 3 jenis cabang olah raga serta tahu aturan permainannya; salah satunya olah raga renang | |
29 | Dapat mengatasi adanya perubahan perkembangan fisik tubuh | |
30 | Dapat menjelaskan manfaat dan melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 45 menit |