Mouse

Senin, 05 Maret 2012

Lambang Tunas Kelapa, WOSM, dan WAGGGS


Tunas Kelapa

Nomor 06/KN/72 Tahun 1972 Tentang Lambang Gerakan Pramuka
Gambar Silhouette tunas kelapa, lambang Gerakan Pramuka





Uraian arti kiasan lambang Gerakan Pramuka.

Satu   :  Buah Nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal dan istilah cikal bakal di Indonesia berarti : penduduk aseli yang pertama, yang menurunkan generasi baru.
Jadi lambang buah Nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan, bahwa tiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia
Dua    :  Buah Nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan  yang bagaimanapun djuga.
Jadi lambang itu mengkiaskan, bahwa setiap Pramuka adalah seorang yang rokhaniah dan jasmaniah sehat, kuat dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi tanah air dan bangsa Indonesia.
Tiga    :  Nyiur dapat tumbuh di mana saja, yang membuktikan besarnya daya-upayanya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya.
Jadi lambang itu mengkiaskan, bahwa tiap Pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masjarakat dimana ia berada dan dalam keadaan yang bagaimanapun juga.
Empat   :     Nyiur bertumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia.
Jadi lambang itu mengkiaskan, bahwa tiap Pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus jakni yang mulia dan djudjur dan ia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.
Lima  :  Akar Nyiur yang bertumbuh kuat dan erat di dalam tanah melambangkan bahwa tekad dan kejakinan tiap Pramuka mempunjai dan berpegang kepada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata, ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanja.
Enam :  Nyiur adalah pohon yang serbaguna, dari ujung hingga akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap Pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta kepada umat manusia.


WOSM

ARTI LAMBANG WOSM ( The World Organization of the Scout  Movement )

1.      Kompas : Melambangkan suatu peringatan bagi Pandu/ Pramuka agar selalu berbuat kebenaran dan dapat dipercaya seperti fungsi kompas, serta tetap menjaga cita-citanya dan perannya sebagai penunjuk jalan.
2.      reefoil / Bunga dengan Tiga Ujung : Melambangkan tiga janji Pandu / Scout Promise
3.      Dua Bintang : melambangkan anggota Pandu/ Pramuka berupaya untuk dapat memberi penerangan dan menolong dalam kebenaran dan pengetahuan.
4.      Tali melingkar dengan ujung membentuk simpul mati : melambangkan bahwa sesama Pandu/ Pramuka mengadakan hubungan persahabatan dan persaudaraan antar Pramuka di seluruh dunia
5.      Warna : Putih melambangkan jiwa yang berhati suci, sedangkan warna dasar ungu melambngkan bahwa Pandu/ Pramuka memiliki ketrampilan kepemimpinan dan suka menolong orang lain.


 WAGGGS

Setiap bagian dari World yang mempunyai tiga daun pin, lambang pemersatu WAGGGS, memiliki arti:

WAGGGS (The World Association of  Girl Guide and Girl Scout)
1.      The golden trefoil on a bright blue background represents the sun shining over all the children of the world Yg mempunyai tiga daun emas di atas latar belakang biru cerah mewakili matahari bersinar atas semua anak di dunia.
2.      The three leaves represent the threefold Promise as originally laid down by the founder Tiga daun mewakili tiga Janji sebagai awalnya ditetapkan oleh pendiri.

3.      The base of the stalk represents the flame of the love of humanity Dasar batang mewakili api cinta kemanusiaan
4.      The vein pointing upwards through the center of the trefoil represents the compass needle pointing the way Vena menunjuk ke atas melalui pusat yg mempunyai tiga daun mewakili jarum kompas menunjukkan jalan.
5.      The two stars represent the Promise and Law . Kedua bintang mewakili Janji dan Undang-Undang.

2 komentar:

  1. Terima kasih atas artikel nya, sangat membantu dan menambah wawasan kepramukaan.

    BalasHapus